Jokowi Resmikan 3 Jembatan Callender Hamilton di Banten

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan tiga jembatan gantung Callender Hamilton baru, guna menggantikan jembatan sebelumnya yang sudah mulai usang.

Tiga jembatan ini antara lain jembatan Cisadane A dan B di Kota Tangerang, dengan biaya konstruksi mencapai Rp 106,7 miliar, jembatan Batu Ceper di Tangerang dengan biaya konstruksi Rp 123,2 miliar, dan jembatan Tawing Satu di Serang dengan biaya Rp 40,6 miliar.

“3 jembatan pengganti jembatan Callender Hamilton (sebelumnya) di provinsi Banten ini biaya konstruksinya Rp 270,5 miliar,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengatakan setidaknya ada 37 jembatan Callender Hamilton yang tersebar di beberapa provinsi di pulau Jawa. Yakni 3 jembatan di Banten, 16 di Jawa Barat, 9 di Jawa Tengah dan 9 di Jawa Timur.

Menurut Eks Gubernur DKI Jakarta ini jembatan-jembatan itu sudah berusia lebih dari 40 tahun, Sehingga memang perlu diganti karena sudah melewati usia layanan. Pada pekan lalu setidaknya sudah ada 9 jembatan baru diresmikan sebagai pengganti jembatan tua baik di kawasan lintas selatan dan lintas utara Jawa Tengah.

“Memang perlu diganti karena melewati usia layanan, dan rentan untuk runtuh jika ada beban logistik yang berat,” kata Jokowi.

Jokowi berharap dengan penggantian jembatan baru di provinsi Banten kali ini dapat memperlancar mobilitas angkutan barang maupun orang, dan membuat biaya transportasi menjadi semakin efisien. https://tanyakanpada.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*