9 Tanda Tubuh Overdosis Garam, Salah Satunya Susah Tidur

Jakarta, CNBC Indonesia РGaram yang mengandung natrium dan sodium adalah salah satu jenis bumbu penyedap yang paling sering digunakan untuk menambah cita rasa makanan.

Meskipun bermanfaat bagi tubuh, Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) menganjurkan masyarakat untuk mengonsumsi natrium tidak lebih dari 2.000 mg atau setara satu sendok teh garam per hari. Sebab, tubuh hanya membutuhkan sedikit natrium.

Melansir dari WebMD, terlalu banyak mengonsumsi garam dari takaran yang dianjurkan bisa meningkatkan risiko stroke, penyakit jantung, hingga tekanan darah tinggi.

Setiap orang wajib mengenali tanda-tanda yang muncul di tubuh akibat kelebihan garam demi menghindari risiko penyakit lanjutan. Lantas, apa saja tanda-tanda tubuh kelebihan garam?

1. Perut Kembung
Kembung adalah salah satu tanda yang paling umum muncul akibat terlalu banyak mengonsumsi garam. Biasanya, kembung muncul karena tubuh menahan air sehingga banyak cairan menumpuk.

2. Tekanan Darah Tinggi
Terlalu banyak kandungan natrium di dalam tubuh dapat memicu tekanan darah tinggi. Kandungan garam yang tinggi membuat tubuh jadi lebih sulit untuk membuang cairan yang tidak diperlukan. Akibatnya, tekanan darah bisa naik.

3. Tubuh Bengkak
Salah satu tanda tubuh terlalu banyak mengandung natrium adalah pembengkakan tubuh. Biasanya, bagian tubuh yang bengkak akibat terlalu banyak mengonsumsi garap adalah wajah, tangan, kaki, dan pergelangan tangan.

4. Sering Haus
Jika akhir-akhir ini sering merasa sangat haus, ini bisa menjadi tanda kalau Anda mengalami dehidrasi akibat terlalu banyak mengonsumsi garam. Maka dari itu, perbanyak konsumsi air mineral untuk menetralisir kandungan garam berlebih dan menyegarkan sel-sel tubuh.

5. Berat Badan Meningkat
Tubuh yang menahan air mengakibatkan berat badan bertambah. Jika berat badan bertambah cepat dalam kurun waktu seminggu atau bahkan beberapa hari, kemungkinan besar salah satu penyebabnya adalah Anda mengonsumsi terlalu banyak garam.

6. Sering Buang Air Kecil
Terlalu banyak garam di dalam tubuh dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil dalam sehari. Sebab, garam dapat menimbulkan rasa haus sehingga mendorong Anda untuk minum lebih banyak air.

7. Kualitas Tidur Terganggu
Terlalu banyak mengonsumsi garam, terutama sebelum tidur dapat memicu gangguan tidur. Salah satu tanda gangguan tidur akibat terlalu banyak garam adalah tidur gelisah, sering terbangun di malam hari, hingga kurang istirahat di pagi hari.

8. Sering Merasa Lemah
Salah satu tanda tubuh terlalu banyak mengandung garam adalah tubuh sering merasa lemah. Sebab, terlalu banyak garam di dalam darah menyebabkan air keluar dari sel untuk mengencerkan kadar garam.

9. Gangguan Pencernaan
Tanda terakhir akibat terlalu banyak garam adalah gangguan pencernaan, seperti sakit perut, kram, mual, hingga diare. https://bukanlah.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*